Carrefour + Brosur = Kebohongan [Masih Tetap]

7 10 2008

Akhirnya… libur Lebaran usai juga dengan meninggalkan banyak kenangan indah dan menarik yang memberi kebaikan bagi kita semua. Tapi sebelumnya, saya mau ngucapin dulu: “Selamat Idul Fitri 1429H Mohon Maaf Lahir dan Bathin“.

Libur lebaran di kampung terasa beda, walau tiap tahun harus mudik. tetap aja ada kenangan dan suasana berbeda yang dialami.

Alangkah baiknya apabila suasana berbeda itu adalah suasana yang memberikan kesejukan dan ketenangan di hati. Ini sedikit berbeda dengan apa yang saya alami selam libur lebaran di kampung. Niat hati memberikan kado terindah buat orangtua, malah berujung “buntung“.  Ini ceritanya:

Setelah rembuk dengan seluruh anggota keluarga, maka diputuskan untuk membeli sesuatu buat orang tua, agar meninggalkan kesan mendalam dan dapat digunakan untuk waktu yang lama. Akhirnya diputuskan untuk membeli barang elektronika. Diputuskan juga agar harganya gak terlalu mahal, yang penting ada radionya dan suaranya bagua. Setelah rembug, mulailah perburuan dilakukan.

Berhubung karena rumah jauh dari pusat pertokoan/belanja (orang tua bermukim di Klaten Jawa Tengah), maka kami akhirnya mencari di pusat perbelanjaan yang ada di Kota Yogyakarta. Setelah keliling sebentar dan mampir di Malioboro, Pasar Beringhardjo, dan Matahari Mall kami lanjutkan perjalanan menuju jalan Solo/Adisucipto. Rencana seh pengen cari di Alfa gudang rabat (sekarang sudah jadi Carrefour), namun saat di depan Hotel Ambarukmo kita  melihat ada Carrefour, langsung aja kita masuk. 

Setelah lihat-lihat akhirnya tertarik pada satu produk elektronik, dengan kelengkapan sebagai berikut:

  • DVD Player
  • Tape Player
  • Radio AM/FM
  • MP3 Player
  • Suara bagus
  • Harga Rp. 799.000;
Gambar dapat dilihat di bawah:
Hifi DVD “Polytron” BX-500

Hifi DVD “Polytron” BX-500

Hanya saja setelah saya minta diperiksa ternyata hanya tinggal 1 saja, dan itupun hanya sebagai barang display/pajangan. Remote Control tidak berfungsi, Colokan Audio Out tersumbat. Setelah tanya pada petugas, ” Apa gak ada kebijakan harga melihat kondisi barang?. Petugas jawab “Gak ada pak, ini bukan barang cuci gudang”. Akhirnya dengan berat hati saya ambil, juga karena libur yang akan segera berakhir.

Menariknya lagi saat akan keluar dari Carrefour saya sempatkan mengambil brosur yang disediakan, dan dengan mata terbelelak saya kaget ketika membuka lembaran dan membaca brosur dari Carrefour. Di dalam tertera Hifi DVD “Polytron” BX-500/unit seharga 359.000,-. Menyimpan rasa dongkol dan kesal sampai terbawa ke Jakarta.

Hari pertama masuk kerja kemaren, dengan niat membaja dan rasa dongkol… aku niatkan untuk mampir ke Carrefour MT. Haryono. Dan langsung menuju barang elektronik di pajang. Setelah melihat barang tersebut… tanya sama petugas “Ini udah bisa DVD ya pak?” dijawab patugas: “Tape bukan DVD pak“. Rasa kaget dan kecewa luar biasa.

Bila dilihat dari brosur yang dikeluarkan Carrefour dan juga yang saya download dari website carrefour, jelas jelas tertera Hifi DVD “Polytron” BX-500/unit seharga 359.000,-. Apa arti dan makna tulisan DVD pada brosur yang dikeluarkan Carrefour. Kembali kebohongan dan kecurangan sengaja dilakukan Carrefour.

Pertanyaan yang muncul adalah:
  1. Sampai kapan Carrefour bisa jujur dan berhenti mengecewakan pembeli?
  2. Apakah YLKI punya wewenang dalam mengatasi masalah-masalah seperti ini?
  3. Dan punya itikad baik untuk mengawasi setiap hal-hal yang sangat merugikan pembeli? 
Hifi DVD “Polytron” BX-500

Hifi DVD “Polytron” BX-500/unit Rp 799.000,-????


Actions

Information

4 responses

4 03 2009
AEROsoft

Hal serupa saya alami namun produk yang saya beli kebetulan barang konsumtif. Kejadian pertama brp Coklat produk lokal Jogja yg setelah di bayar di Kasir hrgnya lebih mahal dari yg tertera di rak, celakanya staf yg bertugas menerima komplain saya berdalih bahwa jenis coklat yg saya ambil beda dgn yg tertera di rak, untungnya petugas tersebut kurang teliti sehingga tipe yg di sebut (ternyata bukan yg saya ambil) sehingga dia tdk punya alasan lagi untuk tidak mengebalikan kelebihan uang saya. Yang lebih mengejutkan setelah saya cek ulang daftar harga di rak sdh di ganti. Dari pengalaman ini, saya sarankan sebaiknya kita ikut masuk saat cek ulang harga supaya tdk diganti tanpa sepengetahuan kita.
Kejadian ke dua saya membeli susu segar kemasan kotak pd tanggal tertentu krn disebutkan di dalam brosur pd tanggal tsb diberika harga khusus, saat di kasir dihitung dgn hrg tanpa potongan untung saja saya perhatikan, setelah berdebat dengan petugas yg mengatakan bhw hrg tsb hanya berlaku utk 500 kotak saja (jelas2 hrg di rak di tulis dgn hrg khusus dan persediaannya masih sangat banyak) akhirnya saya membatalkan utk pembelian 3 kota susu segar tsb. Bbrp saat kemudian saat saya akan bayar tiba2 petugas yg sama mengkonfirmasikan kalau hrg-nya ternyata memang benar yg seperti saya sampaikan, walau dengan kesal akhir-nya saya beli juga.

Semoga pengalaman ini bisa mejadikan pelajaran bagi teman2 lainnya untuk ber-hati2 belanja di Carefour terutama dengan brosur2 promonya.

6 03 2009
chandrachandra

Iya neh… kalo aku seh, kalo memang udah dibawah standard kewajaran… pasti gak mau beli. Tapi terkadang situasi dan kondisi mendesak aku untuk segera bertindak, akhirnya selalu sesal kemudian.

29 05 2009
manto

Iya benar bapak2, ibu2, kakak2 dan adik2, jangan beli di careefour. Mereka curang dalam harga. (harga display dan harga di kasir berbeda) Ini penipuan. Sudah sering saya dikelabui sama careefour. Kalau tidak percaya, setiap barang yang kita beli misal 20 item kita catat ke kertas kecil (Nama barang, harga dan rak tempat barang disimpan) terus kita bandingkan dengan struknya. Pasti nominalnya berbeda. Setiap kali melapor ke security pasti jawabannya ” Mohon maaf harga di rak belum diupdate”. Dari pada membuat kaya orang licik dan rakus seperti mereka mendingan cari barang2 pengusaha lokal. Mudah2 kita menjadi jeli dan hati2 dalam bentuk penipuan ini.

1 07 2009
chandrachandra

Terkadang kita diperhadapkan pada tawaran yang kelihatan “menggiurkan”; murah dan mudah. Namun jebakan disekitar tawaran tersebut juga sedang menanti.

Leave a Reply

