3 Days and 1/2 hour

30 03 2009

Minggu kemaren saya harus berjuang ekstra keras untuk memenuhi permintaan teman, dia memiliki Acer Aspire One 8GB. Awalmnya seh dia cuma minta di install CDMA Modem. Secara aku hanya menguasai sedikit linux dan lebih condong pada Ubuntu, aku nawarin kalo netbook diinstall dengan Ubuntu saja. Dia setuju aja dengan harapan CDMA Modem dapat jalan. Sebagai catatan Aspire One memakai Linpus Linux dari Acer.

Untuk tampilan Linpus linux pada Aspire One memang terasa sangat sederhana, sehingga kesan yang di dapat adalah netbook “gak serius”. Kesan netbook mungil tapi powerfull jadi hilang. Maka mulailah petualangan menggarap netbook Aspire One.

Langkah awal sudah tentu dan pasti adalah mencari pencerahan pada uncle Google. Kalo install Ubuntu di PC udah biasa, karena proses install sangat gampang dan udah mirip sama install Windows XP. Setalah dapat pencerahan, disarankan install Ubuntu Netbook Remix aka Jaunty. Langkah pertama udah dapat. Sekarang tinggal cari image untuk instal. Karena Aspire One gak punya CD Drive (aku juga gak punya external CD Drive), jalan satu-satunya adalah pake USB. Berikut adalah sumber pencerahan utama yang saya dapatkan:

https://help.ubuntu.com/community/AspireOne

Langkah kedua dimulai, download dimulai. Download image UNR Jaunty, (*.img file dalam format extensi img bukan iso). Setelah dapat pindahkan langsung ke Flash disk (aku punya flash disk 1GB, pas untuk ukuran image Ubuntu)

Langkah ketiga, Install UNR Jaunty, pada Aspire One. Booting ulang ASpire One, masuk ke BIOS dan ubah pilihan booting menjadi USB/Flash Disk. Booting ulang lagi Aspire One dan tunggu sesaat sampai proses Instalalsi dimulai. Ikuti petunjuk instalasi, prosesnya sudah sangat gampang dan menyenangkan.

Langkah keempat, Saatnya menyaksikan kedahsyatan UNR Jaunty pada Aspire One. Luar biasa, adalah kesan pertama yang saya dapatkan. Tampilan Aspire One manjadi semakin agus dan tampak “semakin serius”. Ditambah lagi dukungan software yang telah terinstall sudah cukup komplit. Saya ulangi lagi Netbook Aspire One menjadi tampak “serius”.

Langkah kelima, menyadari kekurangan dan kelebihan UNR Jaunty. Pada website panduan yang saya dapatkan, ternayata UNR Jaunty masih versi beta. Sehingga disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai alat untuk melakukan pekerjaan yang sangat serius. Walaupun sebenarnya kemampuan UNR Jaunty sama persis dengan versi Desktop Ubuntu. Ada juga beberapa kendala dan masalah yang muncul diantaranya:

  • Lampu indikasi Wireless tidak berfungsi, parahnya lagi wireless pun tidak berfungsi dengan baik.
  • Dukungan WVDial tidak ada (untuk koneksi dial-up dll)

Seperti pada bagian awal pembahasan ini ditekankan pada installasi CDMA Modem, maka ketika wvdial tidak berfungsi maka efek sampingnya adalah koneksi untuk CDMA Modem juga tidak bisa.

Langkah Keenam. Kembali lagi cari pencerahan lewat uncle Google. Mulai mencari di forum fosum, dan berbagai sumber yang berkenaan. Pilihan jatuh pada WICD, aplikasi wireless manager yang sangat bagus. Sumber pencerahan ada pada:

http://arkhansubari.web.id/?p=71

Setelah install wicd , booting ulang Netbook, dan semua berjalan dengan baik… tapi ada masalah wirelessmasih belon berfungsi dengan baik.

Cari lagi di Uncle Google, dapat banyak referensi yang seabrek tapi gak memberikan solusi. Gak puas dengan solusi yang diberikan membuat UNR Jaunty Crash karena terlalu sering menginstall dan update aplikasi sehingga UNR Jaunty tidak stabil. Dengan rasa gondok dan seble, Aspire harus di Install ulang lagi, coba solusi satu satu dari awal lagi.  Solusi gak dapat juga, udah 2 hari dan belom berhasil juga. Namun secara tiba tiba wireless bisa berfungsi dengan sendirinya. Heran. Tapi senang juga, wireless udah jalan. Masalahnya adalah led indikator tidak berfungsi. Kembali lagi baca dan baca pada sumber utama dan ternyata benar… di sanapun ada jawabannya. hehehhe. Tapi install CDMA Modem belon juga berhasil.

Akhirnya Netbook saya kembalikan dengan pesan “Maaf ya belon bisa berfungsi dengan baik, udah coba sana sini tapi gak bisa juga. Udah cari-cari ke seluruh penjuru dunia gak dapat juga. Tapi janji, aku mau ngelmu lagi. Ntar kalo udah dapat akan saya coba lagi” Kemudian teman hanya bisa jawab ” iya deh”. Uhhhhhhhhhhh, aku gagal menancapka nama pada puncak Linux.

Hingga akhirnya pada kesekon hari, teman nanya lagi, “Gimana?”. Dengan “rasa malu dan berat hati” saya mau coba lagi. Itu sudah sore, sengaja menghindar dari teman untuk sesaat mendinginkan otak yang udah panas selama 3 hari. Gak mau putus asa, cari wangsit lagi dan dapat. Saya harus install gnome-ppp, ikut petunjuk dengan sangat ekstra hati-hati, tidak mau kejadian kemaren terulang lagi (UNR Jaunty crash). Instalasi berjalan dengan baik dengan fungsi yang serba otomatis. Mulai dari cek port, baudrate, usb device hingga tetek bengek yang banyak. Padahal kemaren settingan tersebut harus saya lakukan dengan manual. Edit wvdial.conf secara manual, menentukan jenis Modem dll serba manual. Hasilnya gak juga berbuah manis. Dan sekarang buah yang manis sudah dapat…hehehehh.

Coba jalankan gnome-ppp dari Ascesorris – Internet – Gnome-ppp. semua berjalan dengan baik. Hanya perlu sedikit  (sangat sedikit) perubahan setting Modem. Coba jalankan dan jdennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnngggggggg… Koneksi internet pada modem belum jalan dengan semestinya. Ternyata sinyak gak dapat… capek dehhh.

Hari ini aku rencanaya mau tanyakan teman perihal koneksi internet menggunakan CDMA Modem. (Setelah libur week end dan cooling down otak yang panas dari minggu kemaren). Doakan ya moga-moga berhasil dan berharap satu langkah kecil dapat ku letakkan pada punggung gunung bernama LINUX.


Actions

Information

3 responses

16 04 2009
Helmi

Kebetulan aq pun pengguna ubuntu jaunty unr pake aspire one 8Gb pula, permasalahan wireless terletak pada modul acer_wmi, disablekan secara permanen dengan memblacklist modul tersebut.
code:
sudo gedit /etc/modprobe.d/blacklist
tambahkan :
blacklist acer_wmi

Warning !!
Aspire One 8 GB memakai SSD yang sangat tidak dianjurkan menggunakan ext3, karena UNR Jaunty secara default memberikan ext3 pada partisi SSD Aspire One, cepat-cepat rubah ke ext2 sebelum terlambat seperti saya (saya harus merelakan SSD susah dipartisi+format gara2 error kelamaan make ext3, sekitar 3 bulanan).

Tips+Trick lebih jelas ada di :
http://aspireoneuser.com/forum/viewtopic.php?f=28&t=12298&start=10

16 04 2009
Helmi

kayaknya buat modem CDMA setelah NetworkManager jalan dengan semestinya (tanpa acer_wmi), bisa berjalan dengan lancar, soalnya untuk modem gprs/3g/hsdpa langsung tokcerr

correct me if i’m wrong

17 04 2009
chandrachandra

Thanks mas buat masukannya khusus buat info ext3.

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: